6 Binatang Di Dunia yang Ternyata Bisa Berjoget

Seorang peneliti dari University of California, Amerika Serikat (AS), Santa Cruz belum lama ini menemukan bahwa salah satu singa laut dapat berjoget. Aksi ini bermula ketika didengarkan tembang lawas milik Earth Wind & Fire diputar.
Ternyata bukan hanya singa laut saja yang dapat berjoget ketika mendengarkan musik. Berikut ini enam hewan lainnya yang juga dapat berjoget seperti dicatat TheWeek:


1. Lebah
 


Lebah madu menggunakan tarian dalam berkomunikasi. Adalah “tarian kibas”, yang pertama kali dipopulerkan oleh Aristoteles. Kemudian diteliti lebih lanjut oleh ahli zoologi yang juga memenangi Nobel Prize, Karl von Frisch pada 1960.
Dalam teorinya, Frisch mengungkapkan bahwa tarian aneh yang dilakukan oleh lebah madu adalah cara mereka untuk memberitahu kepada sesama lebah di mana lokasi menemukan makanan. Teori ini kemudian diebenarkan oleh sekelompok ilmuwan melalui transponder radar untuk mengetahui navigasi lebah.



2.Kakatua Putih


Seekor kakatua putih bernama Snowball dapat berjoget ketika mendengar lantunan lagu milik Backstreet Boys, Queen dan Michael Jackson pada 2009 silam. Para peneliti menunjukkan bahwa burung ini menggoyangkan kepalanya dan mengangkat kakinya mengikuti irama lagu.
Seorang ilmuwan neurobiologi (ilmu saraf) dari Institute of San Diego, AS meneliti apakah kakatua memiliki ritme alami atau hanya dapat dilatih untuk merespon irama musik. Hasilnya, kakatua dapat mengikuti irama musik dan ia akan menyesuaikan gerakannya dengan tempo lagu yang didengarkan.
 

3.Laba-laba merak


[lihat.co.id] - Laba-laba merak tergolong dalam kelompok arakhnida.  Ia memiliki tubuh yang sangat kecil dan berwarna-warni di bagian perutnya seperti merak. Hewan yang pandai membuat jaring asli Australia ini akan melakukan tarian lucu sebagai bagian dari ritual pada musim kawinnya.
Umumnya laba-laba jantan yang menari untuk menarik perhatian laba-laba betina. Dengan tariannya, si betina akan menentukan apakah pejantan tersebut cukup sehat dan ideal untuk dijadikan sebagai pasangannya. 



4.Kumbang Kotoran


Kumbang kotoran (scarabs) atau kumbang tinja dikenal suka menggelindingkan bola-bola dari kotoran yang berbobot 50 kali lebih berat ketimbang tubuhnya sendiri. Meskipun memiliki otak yang tidak lebih besar dari sebutir beras, tetapi mereka memiliki cara yang brilian untuk membawa dan mengangkut makannya.
Kumbang kotoran akan menggunakan tarian khas untuk melindungi bola kotorannya dari sesamanya agar tidak dicuri. Caranya, mereka akan berdiri di atas bola kotorannya dan meari-nari berputar hingga 360 derajat untuk mendapatkan bantalan kaki yang pas. Selanjutnya dengan menggunakan kaki belakangnya, mereka mendorong bola itu. 



5.Alga air tawar


Organisme bersel tunggal ini juga tidak mau ketinggalan untuk berjoget. Para peneliti dari Cambridge University, AS, menemukan bahwa alga air tawar ini menggunakan dua jenis tarian untuk bereproduksi.
Koloni anggang akan saling terhubung dengan flagella mereka. dengan menggunakan flagellanya, mereka dapat berputar pada satu sumbu atau berputar di sekitar satu sama lain (waltz). Gerakan tariannya terlihat elastis (minuet). Tarian ini memfaisilitasi alga untuk bereproduksi. 



6.Burung Manakin


Burung kecil berwarna-warni asli Kolombia dan Equador, AS, ini memiliki tarian kawin yang paling unik diantara spesies lainnya. Mereka akan membuat suara dengan mengepakkan sayapnya yang ditujukan untuk calon pasangannya. Sayap akan bergerak begitu cepat, sehingga akan menimbulkan suara untuk menarik perhatian.
Tarian ini pertama kali ditemukan oeh seorang peneliti bernama profesor Kim Bostwick. Menariknya, mereka akan melakukan tarian moonwalk seperti Michael Jackson setelah terbang dalam waktu singkat.

Komentar