5 Hal yang Dapat Di Endus Anjing

Sobat Unik tahu dong kalo anjing itu adalah sahabat setia manusia, dan banyak membantu aktifitas manusia dalam kehidupan. Selain setia ia memiliki naluri dan kasih sayang yang diberikan kepada mahluk yang dicintainya, namun untuk mendapatkan anjing yang setia dan baik manusia harus melatihnya dengan benar dan baik. Seperti misalnya anjing-anjing yang dimiliki oleh para polisi dan militer, mereka menjadikan anjing sebagai teman, rekan kerja, karena kecakapannya dalam membantu pekerjaan mereka. Berikut fauna-unik merangkum 5 hal yang dapat diendus Anjing:



1. Kanker




 Sobat unik tahu tidak jika Sel Kanker mengeluarkan aroma atau bau? Mungkin manusia tidak bisa menciumnya, namun bagi anjing yang memiliki penciuman tajam maka penyakit yang berbahaya seperti kanker mampu dideteksi. Seperti kanker paru-paru atau kanker payudara, dapat diketahui oleh anjing melalui penciuman. Dan tentu saja tidak semua anjing, hanya yang dilatih secara khusus saja yang mampu mencium aroma sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia.


2. Sapi Betina yang Subur

 

Bagi para peternak sapi untuk mendapatkan keturunan yang baik dan cepat, tentu harus melakukan sebuah proses inseminasi –pembuahan buatan. Namun bagi para peternak miskin inseminasi adalah hal yang mahal, karenanya membutuhkan cara yang efektif dan efisien untuk mengetahui sapi betina yang sedang matang dan siap untuk dibuahi. Akan tetapi itu bukan masalah serius karena selain proses alamiah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan anjing terlatih untuk mengendus sapi-sapi betina yang siap untuk dibuahi. Anjing-anjing tersebut akan mendeteksi suhu tubuh sapi betina tersebut kemudian mengendusnya, bahkan anjing tersebut lebih tahu daripada sapi jantannya sendiri.




3. Mineral dan Lapisan Logam



 Pemerintah Finlandia dikabarkan telah melatih anjing agar mampu mendeteksi mineral berharga seperti lapisan sulfida dalam sebuah batu. Ketika batu tersebut dipecahkan maka anjing tersebut akan mengendus dan memberitahukan akan ada tidaknya kandungan sulfida pada batu tersebut.




4. Kutu Busuk




 Kemampuan anjing mengendus lainnya adalah untuk mengetahui keberadaan kutu busuk yang menghuni kasur, sofa, bantal dan furniture lainnya yang ada di dalam rumah. Dengan kata lain anjing dapat dijadikan sebagai pengendali penyebaran kutu busuk di dalam rumah, sehingga para anggota keluarga terhindar dari berbagai penyakit yang disebarkan oleh kutu busuk. Disebutkan bahwa akurasi penciumannya hingga 96%, untuk membuktikan keberadaan kutu busuk dalam sebuah furnitur.




5. Kotoran Paus




 Kotoran paus biasanya digunakan sebagai alat untuk menganalisa dan mengawasi kesehatan para mahluk mamalia besar ini. Kotoran tersebut pun mampu memberikan keterangan mengenai apa saja yang dimakan oleh paus, namun yang menjadi masalah bagi ara peneliti adalah kotoran tersebut mudah tenggelam bahkan kurang dari setengah jam. Untuk itulah para peneliti membutuhkan alat yang mampu mendeteksi keberadaan kotoran ikan paus.


Kesulitan itulah yang membuat para peneliti memilih anjing sebagai alat pendeteksi keberadaan kotoran, dengan latihan khusus dan rutin anjing mampu mengendus keberadaan kotoran melalui aroma yang terbawa oleh udara ke permukaan air. Bahkan dikabarkan anjing mampu mencium keberadaan kotoran yang letaknya lebih dari 1 mil (1,6 Km). ketika anjing khusus tersebut menggonggong semakin keras, hal tersebut menuntu peneliti di atas perahu untuk semakin mendekati keberadaan kotoran paus.

Komentar

  1. ahahaha hebat yee anjingnya bisa ngendus adanya penyakit kanker ..

    BalasHapus

Posting Komentar